Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

Label Pustakawan 2017 (Part 1)

06 Juli 2017
23:18:21 WIB

Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat hidup saya kendur di tahun ini. Tidak hanya dari segi pekerjaan, tapi juga lainnya. Jumlah bacaan pun menurun drastis. Tahun ini saya sangat mengurangi kegiatan di dunia maya, seperti giveaway dan blogtour. Tapi tidak bisa untuk pekerjaan, maunya bisa pulang ‘normal’ seperti orang lain, realitanya selalu pulang sore bahkan pulang paling akhir. Bahkan rekor beberapa kali sampai pulang malam x))

Ada banyak faktor, yang utama adalah kejenuhan dalam menghadapi hidup. Dari sisi pekerjaan, kejenuhan terjadi karena lingkungan kerja yang tidak mendukung. Hampir separuh pustakawan sekolah yang diangkat bareng saya, sudah ‘meninggalkan’ sekolah dan memilih ke jenjang lainnya. Kenapa? Karena memang realitanya, di sekolah susah sekali berkembang. Mungkin kita bisa ‘menyulap’ perpustakaan menjadi lebih layak, tapi dibutuhkan tenaga, waktu, pikiran juga materi yang harus dikorbankan. Nyatanya, menjadi pustakawan sekolah tak seperti profesi lainnya di sekolah, kerap dikesampingkan. Dan yang paling miris adalah susahnya untuk naik pangkat karena tidak ada Tim Penilai di daerah, sementara kami sebagai PNS dituntut untuk naik pangkat dengan jangka waktu tertentu.

Faktor lainnya adalah susah sekali mengembangkan perpustakaan. Apalagi semenjak SMA dibawah dinas provinsi, makin susah berkembang. Kenapa? Karena lambatnya proses pencairan dana BOS, yang juga berdampak pada pengembangan perpustakaan. Mau beli buku pun susah karena memang sekolah tidak ada dana lebih, dan harus maklum ada kebutuhan lain yang lebih penting untuk operasional sekolah. Hal itu tidak hanya berdampak pada perpustakaan, tapi juga kegiatan-kegiatan lainnya di sekolah.

Memasuki tahun ketujuh ini, dengan mengesampingkan problema yang ada, saya masih berusaha konsisten bekerja yang tidak hanya bekerja, tapi bekerja dengan hati. Hanya aura keceriaan murid-murid unyu yang mampu membangkitkan semangat untuk tetap bertahan di sekolah :))

JANUARI

Awal semester genap, biasanya nggak seheboh awal semester ganjil, karena biasanya murid-murid sudah paham meminjam dan mengembalikan buku. Menghabiskan buku-buku yang belum sempat dibarcode tahun lalu, lumayan banyak. Buku ini sumbangan dari para siswa/alumni.

Sesuai janji saya saat liburan, biasanya saya akan membagikan gantungan kunci yang diperuntukkan murid-murid unyu. Pas pulang dari Bali kemarin, saya menyisakan 100 gantungan kunci. Ternyata hari pertama sekolah, belum masuk bel sekolah untuk upacara pertama, sudah banyak murid yang stand by di depan perpustakaan. Jadilah gantungan kunci habis hanya dalam kurun waktu dua jam aja 

Sisa balon-balon unyu kreasi siswa pasca acara kewirausahaan tahun lalu, saya minta ke guru Seni Budaya (yang baik hati banget, karena saya minta apa pun pasti dikasih, hehehe..). Balon-balon ini dijadikan pemanis ruang baca terbuka yang memang masih terasa polos. Dan kini makin cantik atasnya ada balon-balon unyu 

Selain dapet balon-balon unyu, dari ibu guru Seni Budaya juga dapet gerabah-gerabah unyu karya murid ini:

Pengeluaran paling sering di perpustakaan adalah untuk pembelian cartridge ini. Kenapa? Karena banyak sekali data yang harus di print. Apalagi untuk lomba atau penilaian dari dinas, meski semua sudah terpampang nyata di komputer, tapi tetap aja maunya yang bukti fisik 

Ada event seru dari Penerbit Haru. Dalam rangka ulang tahun keenamnya, penerbit ini mengadakan banyak acara, salah satunya adalah #terHARU di perpustakaan. Sebagai pustakawan sekolah garis keras, tentunya saya nggak mau melewatkan event ini. Ditambah lagi ada ide dari murid-murid unyu untuk foto pose kayak gini, ala-ala dewa ular, hehehe…

Murid unyu yang kini lagi kuliah, Nova menyumbangkan buku hasil tulisannya:

Dipaksa jadi pembicara di salah satu acara di Koneferensi Kedai Kopi. Kenapa dipaksa? Soalnya saya awalnya nggak mau, karena menyadari jika diri ini kalo ngomong di panggung belepotan, apalagi satu sesi bareng penulis/sastrawan terkenal di Lampung. Apalah daya, panitianya ampe ‘jemput’ ke sekolah x))

   

Masuk lampungpro.com

 Masuk pojoksamber.com 

 

Pemustaka Terbaik periode Januari

FEBRUARI

Satu tahun untuk ajaran 2016/2017 ini saya susah sekali untuk meminta anggaran pembelian buku, padahal buku pelajaran adalah hal yang utama. Harus memaklumi seperti yang dijabarkan di awal postingan bahwa dana BOS tahun ini terlambat sekali cairnya. Jadi selama tahun ini, saya memaklumi hanya meminta untuk pembelian buku pelajaran, tidak ada sama sekali untuk buku fiksi ataupun referensi.

Bu Dosen Resty Jayanti Fakhlina minta foto, katanya buat poster, daripada comot di google lebih baik pake librarian yang real

Ada murid baik hati yang bernazar karena bulan ini adalah ultahnya, dia mau membantu sebuah lomba di perpustakaan. Dia membuat bubble speech ini, dan juga menyumbangkan hadiah. Karena banyaknya yang ikut, saya juga menambahkan hadiah dari kantong pribadi.

 

Dibalik teman yang hits, ada teman yang rela motoin ampe jungkir balik demi lomba ini x))

Akhirnya luluh juga, beli monopoli yang bisa multifungsi jadi ular tangga atau halma juga

Buku-buku kiriman dari Penerbit Haru langsung diiventaris, dibarcode, dan disampul

Terima kasih Penerbit Haru telah memilih perpussmanda sebagai salah satu yg terpilih di event #TerharuDiSekolah

Pandan, anaknya Ibu Guru yang lagi sibuk baca komik Islami

Pemustaka Terbaik edisi Februari

Mading bulan ini:

MARET

Satu foto di re-post tiga akun IG sekaligus: @rizalmantovani, @tujuhbintangsinema, @trinitythenekadtraveler. Sepertinya kudu buat akun IG pribadi

Nge-admin IG @perpussmanda masuk @lampostmuda

Banyak sekali murid unyu yang membuat postingan blog tentang perpustakaan. Sebenarnya ini tugas mapel TIK, disuruh membuat postingan tentang lokasi di sekolah yang menjadi favorit. Dan banyak yang memilih perpustakaan, beberapa diantaranya:

                      

Ternyata perjuangan belum berakhir. Masih senasib sepenanggungan bersama Mbak Esti Jece. Tahun lalu sama-sama jadi peserta, tahun ini sama-sama jadi juri

Bersama para panitia & juri Lomba Guru & Tendik Berprestasi 2017 tk. Kota Metro

Seharian pembinaan dua lomba sekaligus: tenaga perpustakaan (kemdikbud) & pustakawan (perpusnas) seleksi tk. provinsi untuk pasangan pustakawan SMA N 1 Metro & SMK N 1 Metro. Meski ujungnya kita berakhir nggosip..

Pas lagi nggak di sekolah, ternyata hari ini pelepasan PPL mahasiswa STO. Makasih ya selama beberapa bulan di sekolah, sering dimintain bantuan terutama di perpus. Selamat berjuang menuju ritual bertoga

Kalo taun lalu dapet UNO STACKO, tahun ini kenang-kenangan PPL STO dapet DART GAMES buat perpus.

Mading bulan ini:

APRIL

Senangnya liat murid-murid unyu kelas XII rajin belajar di perpustakaan sambil menunggu giliran sesi UNBK:

Ikut kompetisi blog di Library Fiesta yang diadakan Perpustakaan Unsyiah, Aceh

Ikut panas dingin plus campur haru ketika perpus jadi saksi bisu murid-murid unyu yang lulus SNMPTN hari ini. Alhamdulillah tahun ini universitas yang diterima variatif.

kedatangan mahasiswa STKIP Bandar Lampung, membawa buku yang ditulis dosennya (yang ternyata alumni smanda) untuk disumbangkan ke perpussmanda. Terima kasih Pak Andri Wicaksono untuk sumbangan karyanya, semoga bermanfaat

Mading bulan ini:

MEI

Di #HariBukuNasional, masuk ke 7 Perempuan Tangguh Penggerak Literasi. Sebenarnya saya merasa tidak pantas jika dibandingkan dengan yang lainnya, karena nominasi lainnya adalah penulis-penulis terkenal, sementara saya hanya pustakawan sekolah recehan x))

(kembali) ‘dipaksa’ jadi pembicara. Kali ini oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, membahas Literasi Informasi dan Gerakan Literasi Sekolah. Lewat acara ini, jadi terasa sekali bahwa sekolah masih mengesampingkan tenaga perpustakaan karena dilihat dari peserta yang datang adalah guru-guru yang ditempatkan di perpustakaan yang artinya kurang semangatnya untuk memajukan perpustakaan.

Yay, belum genap dua bulan punya akun IG @lucktygs, ini kali kedua masuk @lampostmuda

Yay, kece bana Bagaskara AP juara 2 di #KontesVlogGPU yang diadakan Gramedia Pustaka Utama dalam rangka #HariBukuNasional 2017

Kelas XII udah banyak yang nyicil balikin buku 

Spesial buat 60 murid unyu tercepat yang mengembalikan buku khusus kelas XII:

 

Mading bulan ini:

JUNI

Alhamdulillah, juara 1 Pemilihan Lomba Pustakawan Berprestasi tahun ini tingkat provinsi, dan akan berlanjut ke nasional mewakili Lampung. Berdasarkan pengalaman di lomba kemdikbud tahun lalu, untuk lomba ini saya tidak berekspetasi apa-apa karena tahu diri bahwa umur dan pengalaman saya masih kalah jauh dibandingkan peserta lainnya di nasional nanti. Saya hanya berusaha untuk bisa mengikuti lomba dan menjaga nama Lampung, urusan juara urusan sekian.

Akhir tahun semester genap yang paling melelahkan adalah banyaknya buku yang dikembalikan, sementara saya kudu stand by menjadi panitia PPDB online khususnya bidang pemberkasan. Untungnya boleh lokasi saya dekat ke perpustakaan, jadi bisa sering-sering cek perpustakaan. Dan alhamdulillah dibantu banget ama murid-murid unyu untuk pelayanan mengembalikan buku dan shelving yang lumayan menguras tenaga x))

Karena banyaknya kardus nganggur pasca pembagian THR di perpustakaan, kardus-kardus yang tersisa dimanfaatkan untuk naro mainan di perpustakaan yang sering tercecer seperti ini, jadi rapi

Banyak sekali tahun ini murid-murid unyu yang datang ke rumah, beberapa diantaranya:

Karena keterbatasan dana, dengan sangat terpaksa reward untuk bulan Maret – Juni tahun ini ditiadakan. Ya, dua tahun menjalankan program ini dari kantong pribadi. Dan berharap semester depan ada dana dari sekolah untuk program ini.

Seperti yang saya dijabarkan di awal postingan, hanya keceriaan murid-murid unyu inilah yang membuat masih semangat dan bertahan di perpustakaan sekolah :))     

             

Share



34 Komentar

    Amrudly 13 Juli 2017

    Wah ... melihat tulisan ini menjadi prihatin dengan sekolah saya dulu. Tidak ada perpustakaan di sana. Ada sih, tapi koleksi bukunya kurang.

    Endah Kurnia Wirawati 24 Juli 2017

    wahh perpustakaannya seru yaa.. coba dulu perpustakaan di sekolah saya dulu se seru ini.. tapi saya tetap suka dan selalu mampir di perpustakaan setidaknya 3 kali seminggu. membaca itu benar-benar menyenangkan dan menentramkan hati

    OBAT STROKE 18 Agustus 2017

    Izin share gan.. OBAT STROKE Bagi anda penderita stroke baik stroke ringan atau yang sudah bertahun-tahun dan mengalami kelumpuhan kami berikan SOLUSI TEPAT DAN AMAN mengobati stroke secara alami tanpa efek samping.OBAT STROKE Metode pengobatan ini sudah terbukti sela ma bertahun-tahun dan sudah dapat membantu jutaan penderita stroke sembuh secara total dengan cepat.OBAT STROKE

    toko hijab arrafi online 22 Agustus 2017

    toko hijab arrafi online

    toko hijab bergo online 23 Agustus 2017

    toko hijab bergo online

    toko hijab cantik online 24 Agustus 2017

    toko hijab cantik online

    toko hijab dress online 25 Agustus 2017

    toko hijab dress online

    grosir hijab elegan terbaru 27 Agustus 2017

    grosir hijab elegan terbaru

    grosir hijab etnik terbaru 28 Agustus 2017

    grosir hijab etnik terbaru

    grosir hijab gamis terbaru 29 Agustus 2017

    grosir hijab gamis terbaru

    Awal 123... 4

Form Komentar

Google Search

Agenda

'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

Artikel Terpopuler

Sebenarnya untuk tahun 2016, tidak punya ekspetasi apa-apa untuk
Harusnya postingan ini ditulis akhir Juni, apalah daya nggak punya

Berita Terpopuler

Ada banyak sekali pekerjaan pustakawan yang rata-rata menguras

Video Terpopuler

Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak
Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis

twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

Banner

//