Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

11 Tipe Pemustaka yang Datang ke Perpustakaan

17 Oktober 2016
23:57:29 WIB

Bekerja di perpustakaan, lambat laun bisa mengenali berbagai jenis pemustaka yang datang ke perpustakaan. Siapa sajakah itu?!?

1.       Tipe Rajin

Tipe ini biasanya datang sebelum perpustakaan buka, dan pulangnya musti diusir ‘halus’ saat perpustakaan tutup. Yang kayak gini biasanya karena lagi ngerjain tugas atau mencari referensi.

2.       Tipe Mendadak Rajin

Bedanya dengan tipe poin pertama adalah jika tipe rajin adalah yang memang benar-benar rajin ke perpustakaan, sedangkan tipe mendadak rajin ini biasanya datang ke perpustakaan di kala musim tugas yang sudah mepet deadline, musim ujian maupun remedi. Tipe jenis ini yang paling menyusahkan perpustakaan, mendadak tumpah di perpustakaan demi nilai pelajaran.

3.       Tipe Kutu Buku

Bisa dipastikan tipe ini adalah pemustaka yang hampir tiap hari pinjam buku ke perpustakaan atau pun membaca langsung di perpustakaan.

4.       Tipe Pamrih

Pamrih di sini maksudnya kalo bantuin pustakawannya pasti ada maunya. Salah satunya agar bisa mendapatkan reward pengunjung terbaik.

5.       Tipe Ikhlas

Kebalikannya dengan tipe pamrih, tipe ini membantu pustakawan tanpa mengharapkan apa-apa. Membantu tanpa disuruh, inisiatif sendiri. Hal yang bisa dilakukan adalah membantu labeling, menyampul buku maupun menempel barcode. Bahkan juga membantu dalam hal pelayanan; peminjaman maupun pengembalian buku.

6.       Tipe Penggembira

Pemustaka tipe ini biasanya membuat perpustakaan menjadi ramai. Mulai dari tingkah laku sampai celotehannya. Anggap-anggap aja ada pelawak srimulat yang tampil gratis x))

7.       Tipe Modus

Modus bisa ke sesama pemustaka alias tebar pesona atau juga modus ke pustakawan agar terpilih sebagai pemustaka terbaik

8.       Tipe Absen Aja

Ada, ada banget yang kayak gini. Masuk perpus hanya mau absen doank, biar namanya tiap hari terdata di list buku pengunjung perpustakaan.

9.       Tipe Vandalism

Ini tipe pemustaka yang sebenarnya reatif jika tidak bisa dikatakan jahil. Vandalism bisa ditemui di lembaran-lembaran buku, maupun di sudut-sudut perpustakaan. Daripada menimbulkan coretan yang tidak jelas, perpustakaan memberikan kesempatan bagi tangan-tangan kreatif itu untuk memeperindah perpustakaan, salah satunya bisa membuat doodle, lukisan maupun book quotes yang menjadi pajangan perpustakaan.

10.   Tipe Numpang Ngadem

Kebanyakan tipe ini adalah pemustaka yang merupakan anak kos. Pulang sekolah lebih memilih ngadem di perpustakaan daripada pulang ke kosan. Banyak juga yang sehabis olahraga, karena kepanasan habis berjemur di lapangan, ngadem di perpus menjadi pilihan. Nah, yang tipe begini yang bikin aroma perpustakaan terkontaminasi x))

11.   Tipe Numpang Wifi

Seiring berkembangnya zaman, perpustakaan musti dilengkapi dengan hal-hal yang berbau teknologi. Salah satunya adalah sarana pengadaan wi-fi yang sangat membantu pemustaka dalam pencarian referensi dalam mengerjakan tugas. Apalagi anak kos, wifi gratisan di perpustakaan tentu lebih hemat daripada mencari wifi gratisan di kafe yang minimal harus membeli makanan atau minuman paling murah sekalipun.

 

Ditulis oleh:

Luckty Giyan Sukarno/ @lucktygs

Pustakawan SMA Negeri 2 Metro

 

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis
    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //