Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

13 Hal Unik Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

24 Agustus 2016
09:55:55 WIB

Setiap perpustakaan memiliki ciri khas masing-masing. Begitu pula dengan Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. Berikut beberapa hal unik yang ada di perpustakaan ini:

1.       Reward Bagi Pemustaka

Perpustakaan lain mungkin ada juga yang memberikan reward bagi pemustaka yang rajin datang ke perpustakaan berupa pemberian piala atau buku. Tapi di perpustakaan ini beda. Reward yang diberikan berupa mug unyu yang terdiri dari foto mereka. Ada semacam kebanggan tersendiri bagi mereka untuk mendapatkan mug ini setiap bulannya. Hal ini tentu memicu permustaka untuk datang ke perpustakaan dan mengisi daftar pengunjung tanpa perlu disuruh oleh pustakawan. Ulasan lengkap di link ini:perpus.sman2metro.sch.id/semua-pengumuman.html

 

5

 

 

1

 

2.       Mading foto-foto pemustaka

Pembuatan mading ini tidak membutuhkan biaya yang cukup besar. Penempelan foto-foto kegiatan perpustakaan bisa berupa; pengolahan, pelayanan, pengembangan maupun lomba-lomba yang ada di perpustakaan bisa ditempel di mading perpustakaan.

 

mading foto

 

3.       Tersedia Berbagai Macam Permainan

Salah satu fungsi perpustakaan yang sering terlupakan adalah bahwa perpustakaan sebagai tempat rekreasi. Kita bisa mengoptimalkan poin ini untuk menarik minat siswa datang ke perpustakaan. Beberapa permainan yang bisa kita tempatkan di perpustakaan tapi mendidik adalah catur, scrabble, sudoku, uno stacko, dan masih banyak lagi. Bisa baca ulasan lengkapnya di sini: http://perpus.sman2metro.sch.id/berita-macammacam-permainan-di-perpustakaan.html

 

simpan 1

 

 

rekreasi 5

 

4.       Berbagai Lomba Anti Mainstream

Lomba meresensi buku atau lomba bercerita itu sudah sangat lazim di lakukan di perpustakaan. Di zaman serba digitalisasi ini, perpustakaan bisa mencoba hal-hal baru yang bisa mendekatkan perpustakaan dengan pemustakanya melalui lomba yang menarik minat mereka. Beberapa diantaranya yang bisa dilakukan adalah; lomba menghitung buku di lemari, lomba selfie bersama buku, lomba membuat poster bertema membaca, lomba membuat meme bertema perpustakaan, dan masih banyak lagi.

 

lomba menghitung buku
 
meme 1
 
meme 2
 
meme 3

 

5.       Doodle Pengganti Banner

Remaja zaman sekarang banyak sekali yang aktif dan kreatif. Perpustakaan bisa menjadi wadah menyalurkan bakat mereka melalui pembuatan doodle sebagai pengganti banner. Doodle tentunya akan menjadi daya tarik bagi perpustakaan agar menghilangkan kesan perpustakaan yang kaku dan jadul. Ulasan lengkapnya bisa baca di sini: http://perpus.sman2metro.sch.id/berita-doodle-di-perpustakaan.html

 

doodle

 

 

doodle 4

 

6.       Promosi di Sosmed

Hampir semua orang memiliki smartphone, dan hampir semua yang memiliki smartphone menggunakannya untuk mengakses sosial media. Promosi melalui sosial media tidak membutuhkan biaya yang cukup besar tetapi memberikan dampak yang besar. Ulasan lengkap di link ini:http://perpus.sman2metro.sch.id/berita-kegiatan-promosi-perpustakaan-melalui-media-sosial.html

 

twitter perpus

 

 

youtube 1

 

 

youtube 2

 

7.       Books Quotes

Sama halnya seperti doodle, pembuatan books quotes bisa mempercantik perpustakaan dengan mengandalkan kreativitas pemustaka. Tidak membutuhkan biaya yang besar, hanya bermodalkan spidol, kardus bekas dan kertas manggis/ karton warna-warni dan senar/ benang untuk menggantungnya di langit-langit perpustakaan. Ulasan lengkap di link ini: http://perpus.sman2metro.sch.id/berita-book-quotes.html

 

book quotes
 
book quotes 5

 

8.       Apresiasi Karya Siswa

Untuk program ini bisa bekerjasama dengan guru seni budaya. Setiap karya siswa dipilih beberapa yang menarik untuk diletakkan di sudut-sudut perpustakaan. Selain memberikan manfaat perpustakaan terlihat menarik, juga menjadi semacam apresiasi bagi siswa yang karyanya menarik. Ada semacam kebanggaan tersendiri bagi mereka ketika karyanya dipajang dan bisa dilihat banyak orang.

 

WP_20160502_015

 

 

WP_20160502_010

 

9.       Ruang Baca Terbuka

Selain ruang baca di dalam perpustakaan, juga disediakan ruang baca di luar; terbuka dan lebih luas yang bisa dijadikan tempat diskusi atau belajar kelompok. Hal ini mempermudah pemustaka yang ingin menggunakan wifi perpustakaan di sore hari meski perpustakaannya sudah tutup tetap bisa dimanfaatkan melalui ruang baca terbuka ini.

 

ruang baca terbuka

 

10.   Ruang Baca Lesehan

Cara membuat ruang baca dengan kondisi ruang terbatas salah satunya adalah dibuat lesehan. Memakai kursi tentunya akan memakan tempat. Lesehan selain mengefisienkan tempat yang terbatas juga membuat pemustaka rileks untuk melakukan aktivitas di perpustakaan.

 

simpan 2

 

11.   Pojok Fiksi

Untuk koleksi buku-buku fiksi ditempatkan di rak tersendiri, di pojok perpustakaan dengan karpet di bawahnya agar pemustaka bisa santai membaca di tempat tersebut.

 

pojok baca fiksi

 

12.   Pojok Internet

Penelusuran informasi selain melalui buku sebagai sumber informasi utama, pemustaka juga bisa melakukan penelusuran informasi melalui internet. Ada dua layanan internet yang dilakukan di perpustakaan ini; sembilan komputer yang terkoneksi internet bagi pemustaka yang tidak memiliki laptop dan ada wifi untuk umum bagi pemustaka yang memiliki laptop.

 

e-learning

 

13.   Tanpa Denda

Mengapa tanpa denda? Karena denda recehan yang tak seberapa biasanya justru memicu ketakutan pemustaka untuk datang ke perpustakaan apalagi mengembalikan buku. Bukannya menjadi disiplin, justru pemustaka kian enggan datang ke perpustakaan. Lalu, sangsi apa sebagai pengganti yang denda? Dengan cara pemustaka menyumbang buku atau paling gampang adalah membantu tugas pustakawan seperti mengolah buku; menyampul atau labelling buku.

 

labeling

 

 

labeling 1

 

Ditulis oleh:

Luckty Giyan Sukarno

Pustakawan SMA Negeri 2 Metro

 

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis
    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //