Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

5 Image Negatif Pustakawan Yang Harus Dimusnahkan

19 Juni 2016
22:33:26 WIB

1. Tua

Sekarang ini, sudah banyak sekali fresh graduate lulusan Ilmu Perpustakaan dari kampus-kampus ternama yang nantinya berprofesi menjadi pustakawan. Jadi, kata siapa pustakawan selalu tua dan berumur? Yang masih unyu juga banyak kok... 

2.Gaptek

Sudah bukan zamannya lagi pustakawan hanya identik sebagai penjaga buku yang melayani peminjaman dan pengembalian secara manual. Sistem komputerisasi selain mengikuti perkembangan zaman, juga memudahkan dalam hal pelayanan; hemat, cepat dan efisien. Banyak sekali pilihan aplikasi atau software khusus untuk perpustakaan. Pustakawan yang maju adalah pustakawan yang mau berinovasi. Ojek saja sudah online, masak pinjam buku masih ditulis manual?!? 

3. Pelit Senyum

Ini adalah salah satu hal terpenting menjadi pustakawan jika ingin dihargai pemustakanya dan mau perpustakaannya ramai dikunjungi. Senyum menjadi kunci utama. Jangan sampai saat pemustakanya menanyakan sebuah buku malah dibalas dengan ekspresi muka cemberut atau malah disuruh mencari bukunya sendiri. Sama halnya dengan pegawai bank, senyum menjadi tuntutan utama dalam melayani customer. Jangan sampai hanya gara-gara pustakawannya pelit senyum, pemustakanya kabur 

4. Kurang Kekinian

Pustakawan adalah agen informasi, jadi harus up to date. Tidak hanya soal bacaan semata, tapi juga informasi di luaran sana yang sedang hangat diperbincangkan. Jangan sampai pustakawan yang katanya agen informasi malah kudet, apalagi gampang terpengaruh dengan berita-berita hoax yang linknya terkadang tidak jelas. Pustakawan sebagai agen informasi harus bijak memilih informasi yang disajikan untuk pemustaka.

5. Kaku

Memang sebagai pustakawan harus mengikuti aturan yang berlaku tapi bukan berarti kaku dalam berkomunikasi. Ini menjadi PR besar bagi sebagian pustakawan; kaku dalam hal berkomunikasi dengan pemustaka. Padahal, dengan sikap ramah, supel dan kooperatif bisa menjadi jembatan untuk akrab dengan pemustaka.

 

Ditulis oleh:

Luckty Giyan Sukarno

Pustakawan SMA Negeri 2 Metro

 

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak
    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //