Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

5 Pekerjaan Pustakawan yang Bisa Dibantu Pemustaka

19 Juni 2016
23:41:52 WIB

Ada banyak sekali pekerjaan pustakawan yang rata-rata menguras energi, maka untuk menjadi pustakawan haruslah memilih mental dan fisik yang kuat.

Berikut beberapa pekerjaan pustakawan yang bisa dibantu pemustaka:

1.       SHELVING BUKU KE RAK

Ini adalah salah satu pekerjaan pustakawan yang terlihat sepele tapi paling menguras tenaga. Bayangkan, satu buku beratnya bisa beberapa gram, dan beberapa buku beratnya satu kilogram sendiri. Belum lagi jika harus shelving puluhan bahkan ratusan buku ke rak setiap harinya, rasanya kayak kuli angkut karung beras. Berasa barbelan buku tiap hari x))

2.       LABELING BUKU

Poin ini adalah salah satu pekerjaan pustakawan yang semua orang bisa melakukannya. Hanya menempelkan call number/ nomer panggil ke punggung buku. Meski kesannya sepele, dibutuhkan ketelatenan untuk menempel dengan ukuran yang sama dan terlihat rapi jika berjejer di rak buku.

3.       INVENTARIS BUKU

Meliputi pendataan buku (judul, pengarang, jumlah halaman, tahun terbit, bahkan ISBN), pengecapan buku baru (biasanya satu buku minimal tiga cap), dan penempelan kantung buku atau slip buku yang biasanya diletakkan di bagian buku paling akhir.

4.       MENYAMPUL BUKU

Meski kesannya sepele, ternyata tidak semua orang bisa menyampul buku, apalagi sampai rapi. Dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan ketelatenan untuk melakukan pekerjaan ini. Dan sesungguhnya berhasil menyampul buku-buku baru dan mahal menjadi kepuasan tersendiri.

5.       PELAYANAN PEMINJAMAN & PENGEMBALIAN BUKU

Jika pelayanan sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi, akan sangat mudah dalam hal peminjaman dan pengembalian buku. Untuk peminjaman hanya tinggal mengetik nama peminjam dan membarcode buku yang akan dipinjam, voilaaa...langsung ada datanya. Begitu pula dengan hal peminjaman, hanya tinggal mengarahkan buku ke scan barcode, nantinya akan terbaca buku yang dipinjam dan nama peminjamnya. Mudah bukan? ;)

Ditulis oleh:

Luckty Giyan Sukarno

Pustakawan SMA Negeri 2 Metro

 

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak
    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //