Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

Label Pustakawan 2015 (Part 2)

28 Desember 2015
07:09:59 WIB

Mulai tahun ini, tulisan 'label pustakawan' sudah dialihkan semua ke website perpus sekolah yaa... :))

AGUSTUS

Kedatangan ribuan buku K-13 di awal semester, yang artinya langsung kerja rodi ngebarcode :D

PINJAM BUKU kayak PILIH GEBETAN, kalo nggak cepat bakal diambil teman #AntrianPinjamBuku

Reward Pemustaka Periode Agustus 2015:

SEPTEMBER:

Bulan September, waktunya lomba-lomba dalam rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan. Salah satunya ada Lomba Menghitung Mantan, eh Menghitung Buku :D

Seminar Perpustakaan Se-Provinsi Lampung 2015: "Librarian Move On" Profesional, Kreatif & Inovatif. Biasanya jadi PESERTA, kali ini jadi PEMATERI. Deg-degan + panas dingin campur jadi satu:

Mengikuti rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan di BPAD Provinsi Lampung, yang menyerahkan piala langsung dari wagub Lampung. Kalo tahun lalu mengantarkan Perpustakaan Sekolah juara 2 di Lomba Perpustakaan SLTA tingkat Provinsi, tahun ini juara 1 Lomba Pustakawan Berprestasi tingkat Provinsi:

Entah mimpi apa, September dapet tawaran bertubi-tubi. Di penghujung September, menjadi pembicara Promosi Perpustakaan dari Sudut Pandang Pustakawan; Best Practice  di BPAD Banten. Pas berangkat, saya mengalami beberapa insiden di luar dugaan; mulai dari berangkat baru sampe pull damri celananya robek, pas di Bakauheni hape sempat hilang bikin stress karena nanti mau hubungi panitia gimana dan untung hape satunya lagi masih ada paket internet jadi hubungi panitianya lewat mention twitter. Nyampe hotel jam 5 langsung subuhan dan rebahan bentar, jam 8 pagi udah ke lokasi acara. Benar-benar nggak sempat istirahat. Sorenya malah diajak Teh Tias Tatanka buat mampir ke Rumah Dunia sebelum balik ke Lampung. Benar-benar pengalaman yang tak terlupakan! ;)

Reward Pemustaka Periode September 2015:

OKTOBER

Eskul Prakarya tiap Jumat pulang sekolah di perpustakaan sekolah:

Kiriman buku dari Mbak Kezia Evi Wiadji:

Kiriman buku dari Penerbit Grasindo untuk perpustakaan sekolah:

Reward Pemustaka Periode Oktober 2015:

NOVEMBER

Yay, akhirnya perpus punya website sendiri:

Awal November ada pengalaman baru yang tak terduga hasil efek ikut SLIMS 2015 di Malang selama seminggu. Jadi, sebenarnya saya nggak ada niatan untuk ikut. Pertama, nggak ada temannya dari Metro. Kedua, uang pun pas-pasan. Akhirnya meski nekat, bersama rombongan cowok-cowok dari Bandar Lampung dan menghabiskan gaji satu bulan, dibandingkan dengan pengalaman yang didapat memang tak terbandingkan. Berharapnya sih, pustakawan sekolah lebih diperhatikan. Yah, minimal kalo ada kegiatan di luar sekolah, ada timbal balik dari pihak sekolah. Seret juga kalo pustakawannya apa-apa musti merogoh kocek sendiri. Mungkin ini adalah salah satu faktor kenapa teman-teman hijrah dari pustakawan sekolah, kurang diperhatikan dibandingkan dengan profesi lain yang ada di sekolah. Pustakawan kampus atau umum hidupnya memang jauh lebih sejahtera :))

Uwow, akhirnya bisa foto bareng ama dua SLiMS developers @ SLiMS COMMEET 2015; Mas Purwoko & Mas Hendro. Dua-duanya ngasih julukan buat aku; blogger sekolah:

Cuma bisa melongo, waktu Bapak Taufiq Abdul Gani, kepala perpustakaan UNSYIAH persentasi. Program-programnya keren banget. Perpusnya tutup jam 23.00 WIB:

Akhirnya ketemu Bu Kiswanti, pemilik WARABAL. Dulu ketemunya zaman kuliah tahun 2008 di World Book Day, Museum Mandiri. Salah satu tokoh yang menginspirasi dunia literasi Indonesia:

Ini para pemenang dari rangkaian Lomba Hari Kunjung Perpustakaan, unyu-unyu kan hadiah pilihan pustakawannya:

Ternyata selain selfie bersama buku, lomba yang paling banyak peminatnya adalah membuat meme/ poster bertema perpus:

Pemenang Lomba Menulis:

Murid-murid unyu pemenang voucher dari Bejos Milk dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan. Yang tengah semacam kode berat ngajak gebetannya:

Reward Pemustaka Periode November 2015:

DESEMBER

Salah satu tugas tambahan bagi pustakawan; mengganti cover buku-buku pelajaran yang direvisi. Kiri cover buku lama. Kanan cover buku baru. Kebayang kan bawa bukunya ke tempat fotokopian...

Salah satu tugas tambahan pustakawan adalah membantu murid-murid unyu untuk login di program e-learning di perpustakaan:

 

Rajin belajar di kala remedi datang:

Akhir semester, kedatangan buku-buku K13:

Yay, akhirnya dikabulkan proposal pembelian buku-buku fiksi semester ini. Pas ke Gramedia, udah sengaja mojok, malah ada Mbak-mbak Gramedia minta foto bareng. Siapalah aku ini... :D

Saking nggak sabaran, ini ampe ada murid malem-malem ke rumah minjam buku yang abis dibeli. Padahal niatnya mau bawa ke sekolah pas masuk semester baru nanti :D

 

Ada kalimat #JLEBB di #PesawatKertasTerakhir halaman 19; "Saat-saat inilah kita bisa mengenang masa-masa berada di perpustakaan. Dan ini juga adalah modal awal kita berperang menghadapi ujian nasional. Nah, mari kita mulai menjadikan perpustakaan sebagai tempat perjuangan." 


 
Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis
    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //