Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

Label Pustakawan 2016 [Part 1]

21 Juni 2016
09:13:51 WIB

Sebenarnya untuk tahun 2016, tidak punya ekspetasi apa-apa untuk perpustakaan. Tidak ada target karena mengingat tahun-tahun lalu sudah berdarah-darah untuk perpustakaan. Ruangan sudah lumayan. Sudah banyak kegiatan. Sudah ikutan lomba. Website udah punya sejak akhir tahun lalu. Klub baca ada. Buku-buku alhamdulillah nggak pernah putus meski memang selalu butuh karena sesuai kebutuhan kurikulum dan siswa. Internet lancar jaya. Lalu apa lagi? Kesejahteraan pustakawannya aja sih.. x))

Tapi, perpustakaan tidak akan maju jika tidak berinovasi. Sesungguhnya segala hal yang dilakukan perpustakaan sekolah tiap tahunnya adalah sesuatu yang spontanitas tanpa ada rencana jangka panjang. Jadi, suka bingung kalau ditanya apa program perpustakaan untuk satu semester, satu tahun atau lima tahun ke depan. Semuanya tergantung suasana di waktu itu. Jadi yang bisa diubah ya diubah. Gitu aja.

JANUARI

Awal tahun 2016, pagi-pagi Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro kedatangan dua penulis. Yang satu adalah alumni SMA Negeri 2 Metro tahun 2008, yaitu Kakak Galih Aditya dan penulis yang juga seleb twit yaitu Kak Boy Chandra.

10639596_10208193555976966_359268126695512376_n

 13133305_10209127291079760_6234934820177678097_n

Reward untuk pemustaka terbaik bulan ini:

12650930_10208335915575867_4621954212750364316_n 

FEBRUARI

Karena kalo Februari bagi-bagi coklat sudah terlalu mainstream, mau bagi gantungan kunci unyu dari Bali...

12717803_10208423428843644_6501667414914877661_n 

Nungguin murid-murid unyu syuting buat film pendek di perpus sampe pulang Maghrib.. Dibagian akhir ada scene peminjaman buku #ImYours-nya Mbak Kezia Evi Wiadji - Evi Wiadji

12734268_10208440378947386_4953256003020852352_n 

Tiap semester beli scrabble terus, jangan diilang-ilangin melulu yaa...

13254228_10209311906455029_6169190915568487375_n 

Reward untuk pemustaka terbaik bulan ini:

13062408_10209099541186030_6528527121952759141_n

 

MARET

Bulan ini perpustakaan membeli buku-buku fiksi hasil dari dana BOS. Terima kasih Bapak Kepala Sekolah yang memperbolehkan perpustakaan membeli buku-buku unyu ;)

Novel baru kayak gebetan cakep, nggak bisa nganggur. Abis di barcode belum masuk rak udah nggak bersisa...

12540857_10208206801548097_6581420812108786955_n 

Giliran buku-buku unyu, banyak yang bantuin nyampul buku...

12509810_10208230339416529_205795437991237827_n 

Koleksi perpustakaan sekolah #SeriTEMPO tentang tokoh-tokoh Indonesia terbitan Penerbit KPG ini bagus-bagus. Cocok untuk referensi pelajaran Sejarah.

12994453_10208995028693283_7287884722814442482_n 

Buku seri 'Who Am I' ini laris manis rebutan pada mau baca... :))

12400522_10208243083255117_992224653528939097_n 

Murid-murid unyu bersama #KomikDariTwitnyaRadityaDika-nya Milfa Saadah terbitan Redaksi GagasMedia

600369_10208795162496753_2922851128443335273_n

Semangat ngebarcode sebelum renovasi. Labeling plus nyampul dibantu murid-murid unyu..

12512220_10208876108200345_8543584640113894300_n 

Reward untuk pemustaka terbaik bulan ini:

 

APRIL

Bulan ini, perpustakaan disulap berkali-kali. Awal bulan dijadikan ruang 3 untuk #UNBK2016. Kemudian rencananya perpustakaan akan renovasi bulan JUNI, justru mendapat undangan lomba perpustakaan tingkat provinsi. Jadilah, renovasi dadakan di pertengahan bulan ini. Perpustakaan hanya punya waktu dua minggu untuk menyulap perpustakaan menjadi cantik karena waktu itu kondisinya persis kayak gudang pasca UNBK. Awalnya perpustakaan hanya satu ruang, atas rayuan maut pustakawan meminta bapak kepala sekolah untuk menjebol ruang sebelah yang awalnya ruang kelas dan sempat bertransformasi menjadi ruang 2 UNBK. Uwow...ternyata dikabulkan. Termasuk pemanfaatan kolam yang sudah nggak berfungsi pojok perpustakaan lama dipugar menjadi ruang baca terbuka.

Dulu Ahmad Ali Ibrahim pas lulus masuk KIMIA UI, nyumbang Juz Amma sekardus. Sampai sekarang Juz Amma-nya masih berguna, buat yang terlambat sekolah; hapalan surat-surat pendek setor ke Bu Akon, Guru BK. Berguna kan ruang baca terbuka ini ;)

 

Cara mengakali banyaknya barang 'titipan' di perpustakaan adalah menyusunnya setinggi langit..

12931067_10208896329305860_5614600852417124516_n12987217_10209032823278124_1702548751053330439_n 

Perpusnya kosong, kayak hati pustakawannya juga kosong..

13061999_10209047884814653_1371309145187029835_n 

#RenovasiPerpus bongkaran ruang pertama. Atapnya langsung natap langit..

13051766_10209053344111132_6308668091061590424_n 

Dan sesungguhnya, guru-guru PPL STO ini membantu banget, bisa menurunkan barang-barang yang tingginya nggak terjangkau pustakawan..

12523943_10208895779132106_4192179651671282625_n 

Hari kedua #RenovasiPerpus; pengerjaan kusen alias jendela. Besok mulai pengecatan ulang untuk tembok

13006734_10209062267894221_5324394228164763706_n 

Bapak Kepsek: "Mbak, perpusnya jadi mau cat ungu unyu?"
Me: "Wah, beneran boleh, Pak?" (Masih spechless si bapak tau warna ungu unyu)
Bapak Waka Kurikulum: "Nggak boleh. Nanti pustakawannya nggak inget umur, ingetnya unyu terus."
--> terima kasih bapak-bapak akhirnya mengabulkan doa pustakawannya untuk unyu selalu...

13043211_10209083262299068_1832769200843710066_n 

Beberes rak buku, nemu beberapa vandalisme di papan rak buku..

13096145_10209106177911944_7262714880647300941_n 

Bongkaran ruang rak buku, dibantuin mahasiswa PPL STO yang macho-macho..

13062353_10209105918025447_3870420710685385456_n 

Terima kasih kelas XI yang udah membantu menata ulang buku ke raknya..

13087359_10209113102165046_9084414514365032952_n 

Di saat perpusnya kayak kandang bubrah, muridnya masih ada yang baca buku Daehan Minguk Manse terbitan Fantasious ID

13012796_10209060896819945_8834476730288993649_n 

Kepingan puzzle ini niatnya buat alas duduk lesehan, malah buat mainan murid-murid unyu...

13100783_10209142518300431_6053779193230382090_n 

Sabar ya, Mblo...

13139098_10209143230798243_4538850749662875082_n

 

Tim Para Penulis Books Quotes

13173991_10209196551531228_4671603106849867297_n

13055378_10209091038093458_4283385646796321492_n 

Beli keranjang beginian buat buang mantan pada tempatnya. Bukan ding, tapi buat naro barang-barang murid yang ketinggalan di perpus

13174041_10209150747626159_5106727683765140540_n 

Terima kasih buat Bapak Kepala Sekolah Indrianto Susetyo yang memperbolehkan perpustakaannya berkreasi anti mainstream. Makasih murid-murid unyu yang membantu selama #RenovasiPerpus. Tanpa bantuan banyak tangan, perpustakaan hanyalah tumpukan buku & debu..

13178589_10209189292909767_4208924618545598399_n 

Reward untuk pemustaka terbaik bulan ini:

4 

MEI

Ini Ambar Nabilla ama Chandra Rihan Gustama bantu nge-cat tripleks yang buat nutup ventilasi perpus, berasa kayak sepasang suami istri baru ngecat rumah...

13100837_10209099036333409_4297094908731180391_n

Ini Fachri buat doodle atas jendela perpus sambil ditemani pacarnya, tapi aman kok soalnya di bawah di awasi anggota ROHIS..

 

13061929_10209105933105824_952120188889251163_n

Cie...yang mantanan ngehias perpus jauh-jauhan..

 13239422_10209240308465124_6280112076700880704_n

Terima kasih mahasiswa PPL STO yang sigap membantu dalam penempelan foto-foto di depan perpus...

13087796_10209142580021974_8726568006021944881_n 

#RenovasiPerpus Ruang 1
ATAS: Awal April jadi ruang #UNBK2016 kelas IPA
BAWAH: Awal Mei jadi ruang baca perpus

13133309_10209143016992898_3574512581896135796_n 

#RenovasiPerpustakaan Ruang 2:
ATAS: Dua minggu yang lalu
BAWAH: Hari ini udah rapi rak berjejer

 

Kelas X lagi pada semedi apalan di sela-sela rak buku..

13151883_10209203614147789_2534670540783687048_n 

Pulang sekolah abis Ujian Akhir Semester, kedatangan dadakan pengawas sekolah dari Disdikbudpora Kota Metro meninjau perpustakaan sekolah di saat perpustakaan suasananya kayak pasar sayur...

13240650_10209319811492650_3096461762959913092_n 

Kedatangan dadakan Tim Penilain Lomba Perpustakaan Sekolah tk. Provinsi Lampung... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ“š Terima kasih Bapak Kepala Sekolah yang mendokumentasikan di saat pustakawannya nggak sempat foto-foto

13241245_10209255125195533_2135002171160292824_n 

Reward untuk pemustaka terbaik bulan ini:

5 

JUNI

Ujian Akhir Semester seharusnya bisa pulang siang. Pustakawan mana bisa pulang cepat. Makin sore, perpusnya makin kayak pasar sayur

13240106_10209311067034044_3854329657319862309_n 

Kirain abis libur satu hari, sekolah bakal sepi. Ternyata perpus tetep kayak pasar sayur...

13346545_10209411946715973_6011404748424438492_n 

Menjelang siang sampe sore, perpus ibarat kayak pasar sayur. Meski udah dikasih pengharum ruangan di segala penjuru, tetap aja rasanya nano-nano...

13332769_10209366109410069_8838449040794511043_n 

Pas murid lagi ngerjain tugas e-learning pelajaran Sejarah Indonesia, ada satu pertanyaan tentang fungsi perpustakaan...

13239243_10209218991732219_1893680706969810395_n 

Berasa kayak di rumah sendiri, salah satunya lagi baca Simple Thinking about Blood Type terbitan Penerbit Haru

13418841_10209438530260545_5323168115620906784_n 

Unyu banget, anaknya ibu guru di sekolah; pilih-pilih buku, trus dibaca..

13466501_10209510985471880_2340343330210209754_n 

Nge-barcode menjadi pekerjaan yang paling banyak pengen dicoba murid. Berasa kayak di alfa**rt

13346626_10209412020677822_1706966212354601849_n 

Kalo musim akhir semester, rak buku pelajaran sampe gak muat..

13335579_10209419933275632_1834357156554263480_n 

Pengembalian buku sedari pagi. Untung ada murid yang mau rela gantiin pustakawannya yang kayak tukang sate ini

13336136_10209412019237786_4664464091267816948_n 

Berdua ini, Wahyu Yuliana ama Audrey Devi Yana kalo minjem novel bisa satu lusin sendiri.

13413508_10209512339305725_7396256827261372107_n 

Libur panjang, malah pada borong pinjam buku. Satu murid bisa pinjam novel segini.

13418939_10209511251558532_8979884900612841628_n

 

Ini Uno Stacko kenang-kenangan dari mahasiswa PPL STO, banyak banget yang antri mau nyoba main ini:

13427965_10209492788856976_657111427459123985_n

Sore di perpustakaan:
Me: "Setengah lima kita pulang yaa..."
Murid unyu: "Tugas kita belum selesai, Bu. Anggap aja nungguin kita amal jariyah, Bu."
((amal jariyah))

 

Alhamdulillah banget di setengah tahun 2016 banyak sekali yang dilakukan perpustakaan sekolah; mulai dari pembuatan ruang baca terbuka, renovasi perpustakaan menjadi dua ruangan dan bulan Juni ini pengumuman tiga lomba sekaligus; Juara 3 Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Lampung, Juara 3 Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Lampung dan Juara 1 Lomba Tenaga Kependidikan Pustakawan Tingkat Kota Metro.

 

Share



21 Komentar

    siripkai 15 Juli 2016

    Kebakaran bisa terjadi oleh siapa saja untuk antisipasi sediakanlah tabung pemadam kebakaran di rumah anda. informasi tabung pemadam kebakaran untuk wilayah jakarta silahkan buka tautan ini. atau anda juga bisa lihat info alat pemadam api di situs-situs kami yang lain. silahkan buka tautan tersebut..

    siripkai 15 Juli 2016

    Kebakaran bisa terjadi oleh siapa saja untuk antisipasi sediakanlah tabung pemadam api di rumah anda. informasi tabung pemadam api untuk wilayah jakarta silahkan buka tautan ini. atau anda juga bisa lihat info alat pemadam api di situs-situs kami yang lain. silahkan buka tautan tersebut..

    siripkai 15 Juli 2016

    http://www.isiulangalatpemadamapi.com/ Kebakaran bisa terjadi oleh siapa saja untuk antisipasi sediakanlah alat pemadam kebakaran di rumah anda. informasi alat pemadam kebakaran untuk wilayah jakarta silahkan buka tautan ini. atau anda juga bisa lihat info alat pemadam api di situs-situs kami yang lain. silahkan buka tautan tersebut...

    alat pemadam api 15 Juli 2016

    Kebakaran bisa terjadi oleh siapa saja untuk antisipasi sediakanlah alat pemadam api di rumah anda. informasi alat pemadam api untuk wilayah jakarta silahkan buka tautan ini. atau anda juga bisa lihat info alat pemadam api di situs-situs kami yang lain. silahkan buka tautan tersebut..

    Jane 27 Juli 2016

    This is a topic that is close to my heart... Many thanks! Where are your contact details though? http://www.yahoo.net

    Kiersten 29 Juli 2016

    It is the best time to make some plans for the future and it is time to be happy. I’ve read this put up and if I could I wish to suggest you few fascinating things or suggestions. Maybe you can write subsequent articles regarding this article. I wish to read even more things about it! http://www.yahoo.net

    Kiersten 05 Agustus 2016

    Its such as you read my mind! You appear to understand so much approximately this, such as you wrote the book in it or something. I feel that you just can do with some percent to drive the message home a bit, however other than that, that is magnificent blog. A fantastic read. I will certainly be back. http://yahoo.org

    Jane 12 Agustus 2016

    You made some really good points there. I looked on the web for additional information about the issue and found most people will go along with your views on this website. http://Bing.Co.uk

    Jack 13 Agustus 2016

    I have been browsing online more than 4 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made good content as you did, the net will be much more useful than ever before. http://Yahoo.org/

    uopyeuiu 09 November 2016

    Hey esto es un gran poste. Puedo utilizar una porcin en ella en mi sitio? Por supuesto ligara a su sitio as que la gente podra leer el artculo completo si ella quiso a. Agradece cualquier manera. egddkcbdkdek

    Awal 123

Form Komentar

Google Search

Agenda

'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

Artikel Terpopuler

Sebenarnya untuk tahun 2016, tidak punya ekspetasi apa-apa untuk
Harusnya postingan ini ditulis akhir Juni, apalah daya nggak punya

Berita Terpopuler

Ada banyak sekali pekerjaan pustakawan yang rata-rata menguras

Video Terpopuler

Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak
Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis

twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

Banner

//