Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

Macam-macam Permainan di Perpustakaan

16 Juni 2016
00:24:41 WIB

Salah satu fungsi perpustakaan yang sering dilupakan adalah sebagai tempat rekreasi. Untuk menarik pemustaka menjadikan perpustakaan sebagai tempat rekreasi adalah menyediakan beberapa permainan yang melatih kesabaran, kecerdasan dan keuletan.

Berikut beberapa permain yang disediakan perpustakaan SMA Negeri 2 Metro dan semoga bisa diterapkan di perpustakaan lainnya:

1. SCRABBLE

Menurut WIKIPEDIA, Scrabble adalah permainan papan dan permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris).

Scrabble menjadi permainan pertama yang disediakan perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. Awalnya hanya ada tiga, itupun sumbangan dari mahasiswa PPL STAIN tahun 2013. Karena sudah lumayan lama, makin lama makin nggak berbentuk scrabble yang ada, hurufnya kurang, apalagi sering dijadikan mainan oleh siswa buat foto-foto.

Lalu perpustakaan membeli baru dua sekaligus; satu kecil dan satu besar. 

2. Catur

Awalnya sumbangan dari salah satu bapak guru di sekolah yang memang hobi bermain catur. Beliau menyumbangkan tiga buah papan catur. Sayangnya yang satu dibawa satpam sekolah untuk hiburannya di pos satpam. Kemudian perpustakaan membeli lagi tiga buah papan catur kecil, lagi-lagi ada satu yang rusak karena dipatahkan oleh seorang guru karena tidak suka ada siswanya yang bermain catur di kelas. Jadi, waktu itu perpustakaan kecolongan satu papan catur. Sebenarnya sudah diwanti-wanti, tidak diperbolehkan membawa mainan perpustakaan ke kelas, tapi terkadang ada juga siswa yang tidak menggubris, alhasil perpustakaan yang sering kenan getahnya. Kini hanya tiga papan catur yang masih layak pakai.

3. UNO Stacko

Dari dulu perpustakaan menginginkan punya mainan ini, sayangnya karena harganya cukup mahal jadi tidak terjangkau untuk membelinya. Siapa sangka mahasiswa PPL STO tahun 2016 memberikan kenang-kenangan berupa permainan ini. Meski hanya ada satu, tapi antri banget yang mau mencobanya. Permainannya bikin geregetan. Dulu suka kaget kalo ada siswa yang histeris karena tumpukan unonya ambruk, sekarang sudah terbiasa dengan jeritan mereka di perpustakaan.

4. Sudoku

Permainan ini melatih kecerdasan, karena akan ketemu dengan angka-angka. Mungkin karena sulit dan butuh berpikir yang cukup tinggi, permainan ini kini kurang diminati, kecuali bagi yang benar-benar hobi menghitung. Padahal belinya lumayan mahal.

5. Puzzle carpet

Sebenarnya dulu membeli ini dengan niatan sebagai alas duduk yang lesehan sebagai pengganti karpet. Dalam kenyataannya, puzzle carpet ini malah dijadikan permainan siswa dan juga sebagai modal buat foto-foto di instagram.

Sebenarnya masih banyak lagi permainan yang bisa disediakan di perpustakaan. Rencana ke depannya akan menyediakan beberapa permainan sesuai request dari siswa; ular tangga, congklak, monopoli dan halma.

 

Ditulis oleh:

Luckty Giyan Sukarno

Pustakawan SMA Negeri 2 Metro

 

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak
    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //