Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

My SMANDA, My Experience

22 Desember 2015
05:10:58 WIB

SMAN 2 METRO...

Nama sekolah yang terdengar biasa, namun terasa luar biasa untuk para murid-muridnya. Sekolah yang cukup rindang bagiku, yah... dengan suasana pembangunan gedung barunya sekarang. Bahagia memang SMANDA punya gedung tambahan, tapi.. pembangunan gedung tersebut sedikit mengganggu pemandangan perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah yang tadinya dapat dilihat dari ujung lapangan bola volly, sekarang? Jangankan dari lapangan bola volly, dari depan kelas 12 IPA 2 yang jaraknya sekitar 20m saja tak terlihat daun pintunya. Tapi it’s ok lah, demi kesejahteraan bersama...

 

SMAN 2 Metro, terdiri dari 10 kelas untuk kelas 10, 9 kelas untuk kelas 11, dan 8 kelas untuk kelas 12. Memiliki 2 laboratorium, yaitu laboratorium kimia dan biologi, dan laboratorium fisika. Laboratorium ini juga sering digunakan untuk aula, dan juga sekarang digunakan untuk kelas 10 ipa 1 dan 2, sabar yah adik adikku, bangunan barunya sebentar lagi siap kalian huni..   . SMANDA juga memiliki koperasi siswa yang dinamakan Koperasi Siswa Sejahtera (KSS), jadi, koperasi itu dijaga oleh siswa secara bergantian, dan siswa yang mendapat giliran jaga koperasi tersebut mendapat dispensasi dari sekolah untuk tidak mengikuti pelajaran  dikelas (seneng niiihhh...) . Terdapat juga ruang guru yang difasilitasi dengan AC, CCTV, dan TV. Ada juga ruang TU yang difasilitasi dengan TV, CCTV dan AC juga. Di dalam ruang TU terdapat Ruang Kepala sekolah yang didalamnya difasilitasi dengan AC dan ada layar TV untuk memonitori CCTV yang ada di ruang-ruang kelas. Ruangan kepala sekolah ini ada pintu belakangnya juga, dan tembusnya di ruang Waka. Kesiswaan. Jadi ruangan itu melewati ruang pembayaran komite, urutan ruangnya itu : ruang TU, ruang pembayaran komite, lalu ruang Waka. Kesiswaan, jadi ruangan Kepsek ini lumayan panjang menurutku. Selain itu ada juga ruang Lab. Ips yang tadinya adalah ruangan Multimedia, lalu ada Lab. komputer. Lab inilah yang  terkadang menjadi momok bagi murid-murid yang kurang menguasai photoshop CS3. Kata kata yang sering mereka ikuti adalah “Layer!, New Layer !!!” “Select, Deselect!”, kurang lebih seperti itu. Yaahh.. tapi itulah yang malah akan menjadi kenangan dan pasti diingat oleh siswa-siswi dan pastinya akan bermanfaat dikeesokan harinya, aamiin..

 

Ruang Waka. Kesiswaan. Ruangan ini ditempati oleh seorang Waka. Kesiswaan, dengan fasilitas meja kantor seperti ruangan biasanya, sofa tamu, lemari kaca untuk menyimpan barang-barang dan piala dari murid-murid berprestasi SMAN2 Metro. Pialanya memang masih kurang banyak, namun Alhamdulillah tiap tahunnya ada peningkatan jumlah piala. Hanya ada beberapa piala bergilir yang telah menjadi piala tetap di SMAN 2 Metro, untuk beberapa tahun belakangan ini memang piala bergilir lumayan susah untuk didapatkan. Tapi insyaallah, suatu saat nanti, SMAN 2 Metro akan mendapatkan piala bergilir, bahkan menjadi piala tetap untuk menambah koleksi piala dari deretan prestasi siswa, aamiin.

 

Ngomong-ngomong soal masjid SMAN2, tempat ini lumayan ramai dikunjungi pada pukul 12.00-12.45, tepatnya untuk solat duhur. Tetapi, masih kurang ramai untuk sholat Dhuhanya, terutama kelas 12. Seharusnya kelas 12 ini mendekatkan diri kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa agar dimudahkan jalannya, dilancarkan urusannya, dipandaikan pemikirannya, dan berdoa agar lulus Ujuan Nasional serta berdoa agar masuk PTN/PTS dan jenjang berikutnya yang diinginkan. Ada saran nih untuk Bu guru BK dan guru-guru lainnya, tolong dong bu’, pak, beritahu teman-teman saya yang tidak pernah sholat dhuha dan solat Duhur disekolah dan alasannya selalu sedang halangan atau belum mandi wajib, halangan kan hanya 1 minggu, tapi kok ada yang dari awal masuk tahun ajaran baru sampai sekarang alasannya sama bu? Tolong bu’, pak, dipertegas lagi. Bila perlu ada absennya seperti pada saat shalat jumat yang waktu itu bu’. Dan untuk teman teman saya yang beragama islam, ayolah kita sholat Dhuha dan sholat Duhur tepat waktu disekolah, tidak ada salahnya, malah banyak manfaatnya. Jangan takut bedak atau dandanan kalian luntur, tenang saja, wajah kalian akan terlihat lebih cantik jika telah terbasuh air wudhu. Untuk yang laki-laki, ayo kita solat berjamaah, jangan alasan belum mandi  wajib atau  mau sholat  dirumah. Kalian diwajibkan  untuk  sholat  dimasjid, bukan  dirumah,  kalian  harus  jadi musliman  yang  sholeh, bukan  sholehah. Dan  juga saat shalat jumat, kenapa kalian  harus lari ?  kenapa kalian rela  berlarian  sampai nafas  kalian  tersenggal-       senggal  demi  untuk  menghindari   kejaran  guru  saat shalat  jumat tiba?                           Kenapa kalian rela celana kalian robek karena melompat pagar sekolah demi menghindari shalat jumat? Apakah shalat jumat merugikan kalian? Bukankah shalat jumat diwajibkan bagi setiap laki-laki muslim? Atau kalian masih ragu akan kelaki-lakian kalian?. Dan untuk semua murid, janganlah kalian berbangga hati akan dosa kalian, bangga jika membolos, bangga jika tidak melaksanakan kewajiban, berkata tidak sopan dan berkata yang seharusnya menjadi privasi kalian agar ditertawakan teman-teman yang lain, berbohong, dan lainnya. Sudahlah,  sekolah sudah tidak lama lagi, benahi diri, tinggalkan yang baik dan bermanfaat, agar menjadi amalan yang pahalanya tidak akan pernah terputus walaupun kita telah dialam kubur.

 

Okeee, kita beralih ke ruangan unyu yang terdapat seorang penjaga Gua *eh, yang unyu juga. Yap ! ruang perpustakaan ! ruang yang tidak begitu luas untuk dijadikan ruang perpustakaan menurutku, tetapi,.. ditangan kecil pustakawin SMAN2 ini, perpustakaan diubah menjadi ruang yang menyenangkan bagi para murid-mirid unyu yang ingin membaca atau meminjam buku-buku unyu yang diperoleh dari pustakawin kita yang unyu ini, banyak juga kuis yang diadakan oleh pustakawin unyu kita ini, hadiahnya ada Mug unyu, Block Note unyu, Kaos unyu, Flashdisk unyu, voucher Bejo’s Milk unyu, pokoknya yang unyu-unyulaaah. Ada sekat antara ruang membaca dan ruang buku-buku pelajaran, untuk ruangan buku-buku ini dilengkapi dengan pintu dorong ala Alf*m*rt atau ind*m*r*t, dan tentu saja, dengan aroma dari kertas-kertas buku dan ademnya AC ruang Puskom yang masuk ke ruangan buku-buku ini, membuat para murid betah didalemnya, yaahhh walaupun kadang cuma niat ngadem dan keluar dengan tangan hampa. Di ruangan sebelah atau ruangan utama perpustakaan, ada etalase buku yang menyimpan ratusan buku, ada novel, komik, buku cerita, buku cerita bergambar, serta buku tulisan pustakawin unyu sendiri  dan lain-lain, etalase ini sering dibuat untuk background foto novel-novel terbaru dan untuk postingan review novel tersebut di Fb, siapa yang mereview? Ya pustakawin unyu kitalaahh. Ada juga lemari untuk kamus-kamus dan buku-khusus lainnya, lemari ini sering menjadi ajang perlombaan menghitung buku, pusing juga yaaa.. . Terdapat juga lemari kaca khusus untuk karya-karya murid yang dibina oleh guru kesenian kita, cantik cantik deh pokoknya, ada foto-foto pengunjung perpus juga loh, tapi udah lama tidak di upgrade, kata pustakawin kita sih belum sempet, insyaallah secepatnya, aamiin. Perpustakaan bisa rame juga loh, bahkan melebihi antri jus di kantin belakang, yaitu pada tahun ajaran baru dan akhir tahun ajaran . Jadi, jika sudah mendekati libur semester, para murid-murid unyu akan mengembalikan berkarung-karung buku yang dipinjamnya. Alhasil, perpustakaan bak kapal pecah yang porak-poranda diterpa badai laut. Untung saja banyak relawan unyu yang dengan senang hati membantu pekerjaan pustakawin unyu kita ini, imbalan yang relawan unyu dapat adalah upload’an foto serta ucapan terimaksih di Fb, itu sangat lebih dari cukup, namanya juga relawan, ungkapan terimaksih pun sudah lebih dari cukup, apa lagi ada fotonyaa.. . Musim relawan tidak Cuma datang pas akhir tahun saja, tetapi jika ada ber ton-ton buku baru yang didapat dari sekolah. Yeah! Ngebarcode  dan ngecap buku! . Karena perpus kita ini sudah menggunakan sistem Barcode jadi yaa.. beginilah, lebih mudah untuk meminjam dan memulangkan bukunya. Dan pembarcodean ini bisa sampai 1 minggu full ! tapi inilah saat-saat yang menyenangkan !

 

Berbicara soal kantin, SMAN 2 Metro memiliki beberapa spot sumber makanan. Yaitu, WondoMart, Koperasi Siswa Sejahtera, kantin belakang perpus, kantin sebelah kelas 12, kantin pojok kelas 11, dan kantin luar pager yang bisa dipesen siswa dan butuh perjuangan untuk mengambilnya, namanya juga di luar pager.. Jajanannya mulai dari harga Rp 500,00 – > Rp 5.000,00. Selera makan murid SMANDA  itu tinggi, jadi, istirahat pertama jajan, istirahat kedua jajan, jam kosong jajan, giliran gurunya otw kelas, langsung lari masuk kelas. Ada juga kejadian karena kelamaan di kantin, waktu masuk kelas, dengan santainya, tangan kanan bawa gelas jus, tangan kiri bawa sekantong kresek gorengan, langsung aja masuk kelas. Giliran sadar kalo ada guru, langsung keluar kelas, jusnya diabisin, gorengannya dimasukin kantong, trus masuk kelas, tidak lupa salaman dengan gurunya. Hadeuh, klasik sekali ceritanyaaa..

 

Nah kita akan bahas ruang UKS. Ruangan yang lumayan luas, dengan 3 kamar lengkap dengan tirai dan obat-obatannya, penimbang berat badan yang sering menjadi hal yang menakutkan bagi kaum wanita dan tak sedikit juga yang beranggapan bahwa hasil timbangannya tidak akurat. Terdapat juga sekat untuk ruang komputer milik BK, ada pintu masuk dari ruang Waka.
Kesiswaan juga. For your information nih, ruang UKS ini juga dipake buat ruang BK,                                     dan didalamnya ada 2 toilet, banyak murid-murid SMAN2 yang tidak mengetahui keberadaan toilet tersebut. Oh iya, ada juga 2 buah tandu, tandu yang satunya sudah pensiun, biasalaahh, mau diceritain jugaa.. ? okkeeyy... tapi gak banyak-banyak yaa?

 

#SMAN2SpookyStories

Jadiiiiii, setiap hari senin waktu upacara dan setiap ada acara yang nginep disekolah, pasti ada beberapa siswa yang mengalami gangguan oleh “sesuatu”, so, tandu tersebut rusak gegara ngangkutin raga-raga manusia yang dirasuki oleh “sesuatu” itu. Karna aku gak pengen cerita banyak, jadi di skip aja yak? Kalo diceritain bisa jadi novel yang gambarnya “sesuatu” lohhh... udah ah.

 

Okey, kita masuk ke ranah percintaan para muda-mudi SMAN2 Metro. Banyak loh siswa-siswi yang mengalami cinlok di SMAN2, ntah karena jadi panitia suatu acara, 1 kelas, 1 ekskul, atau 1 sekolahan (yaiyalaahh). Ada yang lagi PDKT, ada yang nembak pacarnya pake fasilitas kelas disekolah *ups, ada yang lagi marahan sampe ngelamun pas jam pelajaran, ada juga yang abis putus langsung musuhan bahkan malah kayak gak kenal gitcuh... . lalu ada juga yang abis putus balikan dan ada yang dengan pemikiran dewasanya, mereka menjadi sahabaaattt... . ada juga nih yang rebutan seseorang, trus perang di socmed deh, hadeuh... . udah ah, gak bakat nulis tulisan tentang percintaan, gak berpengalaman soalnyahhh..

 

Ekhem ! disini ada yang sering telat?  Jam 07.00 harus sudah ada di sekolahan, jam 07.15, gerbang ditutup, dan ada penjaganya loooh, yaitu guru-guru BK dengan kertas dan pena yang di genggamnya serta hukuman yang siap dilontarkan untuk orang- orang yang terlambat masuk sekolah. Biasanya mereka disuruh untuk bersih-bersih, setelah itu mereka boleh masuk kelas dengan  membawa surat keterangan terlambat yang telah berisi keterangan dan disertai dengan tanda tangan guru BK. Untuk yang telat sampai 3 kali, ada kebijakan dari sekolah untuk memanggil orang tuanya kesekolah. Dan kalau sampai diulangi lagi, ancamannya adalah di DO dari sekolahan. Ini bukan main-main loh, sudah ada buktinya..... . maka dari itu, para murid harus berangkat kesekolah lebih awal. Jika rumahnya jauh, harus disiasati dengan berangkat lebih awal agar tidak terlambat sampai disekolah.

 

Selanjutnya, tentang ekstrakurikuler yang ada disekolah. Nahh, SMAN2 ini memiliki beberapa ekskul, diantaranya OSIS, PK, Pramuka, Paskibra, PMR, Basket, Futsal, Rohis, KIR, Tari, Paduan Suara, Prakarya, dan lain lain dehh. Kita bahas satu-satu yaaaa.... . Yang pertama ada OSIS dan PK, OSIS ini adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, OSIS inilah yang menaungi semua ekskul yang ada di sekolah ini. PK adalah singkatan dari Perwakilan Kelas, PK memiliki seorang ketua, anggota PK terdiri dari seorang Ketua Kelas dan seorang Sekretaris Kelas dari tiap-tiap Kelas yang ada di SMAN2 Metro ini. Jadi, jika ada acara, OSIS yang mengurusi teknis acaranya, lalu PK bertugas untuk mensosialisasikan  kepada anggota-anggotanya, lalu anggota-anggotanya tersebut menginformasikan ke kelasnya masing-masing. Selanjutnya ada Pramuka, singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti orang muda yang berkarya. Dalam pramuka tidak ada yang tua, yap.! Karena semua dipanggil kakak. Organisasi/ekskul Pramuka yang ada di SMAN2 dipimpin oleh seorang Pradana Putra dan seorang Pradana Putri, kegiatan yang sering diikuti adalah pertisipasi lomba ke sekolah-sekolah lain dan sering mendapatkan piala, terutama dibidang Halang Rintang dan yang baru-baru ini mencetak prestasi dicabang perlombaan senam pramuka, yeee... . Selanjutnya Paskibra, singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera. Ekskul Paskibra setiap hari senin bertugas untuk mengibarkan bendera di sekolah. Formasi pengibarannya sangat indah dan menarik perhatian para peserta upacara. Tak hanya itu, tahun ini ada 2 orang yang masuk dalam Paskibraka Kota Metro, dan salah satunya menjadi Baki/pembawa bendera duplikat pada saat upacara di Lapangan Stadion Tejosari tanggal 17 Agustus kemarin. Next, PMR, singkatan dari Palang Merah Remaja, ekskul ini juga bertugas saat upacara bendera berlangsung. Jadi jika ada yang sakit atau sampai pingsan, PMR inilah yang akan SIGAP menolong. Tak hanya itu, mereka juga cukup berprestasi dalam lomba-lomba yang mereka ikuti. Basket dan Futsal, kedua ekskul olahraga ini cukup membanggakan sekolah dengan beberapa prestasinya. Belum lama ini, ekskul Basket mendapat juara 2 dalam acara ulang tahun salah satu SMA yang ada di Metro. Selanjutnya Rohis, atau singkatan dari Rohani Islam, ekskul ini sangat bermanfaat untuk kerohanian para siswa karna disetiap forumnya selalu membahas hal yang baru dan dengan sumber  yang terpercaya                                             sehingga tidak menyesatkan, peminat ekskul ini sangat banyak loh, sip ! .                                                                          Selanjutnya KIR,atau singkatan dari Karya Ilmiah Remaja, ekskul ini adalah ekskul untuk mengembangkan keilmiahan siswa dalam menciptakan suatu produk atau karya ilmiah yang bermanfaat serta belum dibuat, di produksi atau terfikirkan oleh masyarakat. Yahh.. walaupun anggotanya tidak terlalu banyak, tetapi ekskul ini cukup berprestasi dibidang masak ilmiahnya loohh. Ekskul Tari, ekskul ini bertugas untuk menampilkan kebudayaan daerah yang berupa tarian pada saat SMAN2 Metro mengadakan suatu acara besar, walaupun belum berprestasi, namun ekskul ini cukup menarik untuk diikuti, ada yang berminat? . Next, Paduan Suara, ekskul ini bertugas pada saat upacara bendera dan saat acara inti pada acara SMAN2 Metro, suaranyaa.. lumayanlaaahhh. Nah, Ekskul prakarya, ekskul ini  mendidik anak-anak yang kreatif agar selalu berinovasi dan selalu berkarya dengan menggunakan bahan apapun, ekskul ini cukup berprestasi pada saat FLS2N tingkat kota, dan ada yang sampai ke tingkat provinsi loohh. Yah, itulah beberapa ekskul yang ada di SMAN 2 Metro. Walaupun berbeda ekskul, tetapi kita karus bersatu untuk kemajuan sekolah tercinta kita ini, setujuu...?

 

Sekarang kita bahas tentang acara terbesar SMANDA yaitu acara untuk menyambut Hari Ulang Tahun SMANDA Metro. Masih erat dalam ingatan kita tentang acara SMANDA BOLIGA (Bombastis Liga Games). Mau tau asal nama tersebut dari mana.? Ini nih... . Jadi waktu itu semua anggota OSIS dan Perwakilan Ekskul berkumpul untuk membicarakan hal ini, tercetuslah beberapa nama yang masih sedikit agak ganjal, contohnya : SMANDA GAMES, LIGA SMANDA,  BOMBASTIS SMANDA, MARHABAN YA SMANDA --“ dll. Lalu tiba-tiba, ada seorang senior kita yang mencetuskan sebuah nama, “Kenapa gak SMANDA BOLIGA aja” , serentak para siswa yang lain bertanya-tanya “BOLIGA tu apa kak ?”, lantas saja dia menjawab, “SMANDA Bombastis Liga Games”, seketika itu kelas menjadi riuh dengan tepuk tangan peserta rapat. Langsung saja nama itu dipakai untuk acara besaar ini. Acara ini diadakan dari tanggal 7 Januari 2015 – 17 Januari 2015. Lomba-lomba yang diadakan antaralain adalah Traditional Dance, Futsal, Basket, IPSI, Solo Song, dan Band, dan lomba untuk dalam sekolahnya adalah lomba Fashion Show, dan Photography. Pesertanya berasal dari SMA se-Lampung Tengah. Pesertanya cukup banyak loh. Acara ini juga didukung oleh beberapa sponsor. Selama perlombaan basket dan futsal, tiap-tiap kelas yang ada di SMAN 2  membuka stand untuk berjualan. Ada yang berjualan minuman, makanan ringan, hiasan, dll. Para peserta dan penonton sangat antusias mengikuti jalannya perlombaan. Hadiah yang diperebutkan adalah piala dan uang tunai. Banyak sekali sekolah-sekolah yang ikut berpartisipasi dalam acara ini, sampai ada peserta yang mendaftar diatas batas waktu pendaftaran, yaahhh... dengan terpaksa kami tolak pendaftaranyaa. Yaa.. itulah pengalaman dan suka dukanya menjadi panitia acara.

 

Nah, ini dia SMAN 2 Metro, mulai dari isinya, penghuninya, kegiatannya dan semua pengalamannya, kalo mau diceritain semua mah bakal jadi novel nih... . Terimakasih atas pengalamannya yang tak terkira, mengubahku dari Si Pendiam yang pasif menjadi Si Galak yang Aktif, dan menjadi tempat belajar yang terbaik bagi murid-muridnya. Berkembanglah SMANDA-ku, jadilah sekolah yang lebih baik untuk kami, adik kami, dan seluruh tenaga pendidik dan pengurusnya, aamiin. Cukup sekian dan terima kasih, My SMANDA... My Experience !!!.

 

By: Ambar Nabilla XII IPA 4

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis
    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //