Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

Pelaksanaan Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Resensi Buku di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

19 Juni 2017
18:26:47 WIB

Menurut Undang-undang Perpustakaan No. 43 tahun 2007 pasal 3 menyebutkan bahwa perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Di pasal 4 juga disebutkan bahwa perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemudian di pasal 23 yang membahas khusus tentang perpustakaan sekolah/ madrasahdisebutkan di ayat 4 bahwa perpustakaan sekolah/ madrasah melayani peserta didik pendidik kesetaraan yang dilaksanakan di lingkungan satuan pendidikan yang bersangkutan.

Perpustakaan yang ideal dan baik harusnya mempunyai program dan tujuan yang terencana dan jelas. Hal tersebut perlu dilakukan agar menarik minat siswa untuk berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku. Begitu juga halnya dengan Perpustakaan SMA Negeri Metro yang mengalami kemajuan pesat dari tahun ke 2011 sampai tahun 2016. Tidak hanya dari sisi jumlah kunjung, tapi jumlah peminjam buku di perpustakaan.

Berbagai upaya yang dilakukan perpustakaan SMA Negeri 2 Metro untuk meningkatkan minat baca siswa.Salah satunya melalui resensi buku di media sosial dan blog. Berikut beberapa manfaat yang telah dirasakan perpustakaan SMA Negeri 2 Metro dalam meningkatkan minat baca melalui resensi buku yang diposting di media sosial:

1.      Siswa tertarik dengan buku yang diposting di media sosial dan blog. Buku yang diposting tidak harus selalu buku baru. Buku lama yang baru diposting resensinya pun juga akan menjadi daya tarik siswa untuk membacanya. Terutama dengan quote-quote yang berada di buku tersebut. (contoh terlampir)

2.      Siswa menjadi rajin ke perpustakaan untuk meminjam buku, bahkan sebelum bukunya di barcode ataupun di inventaris. Saat tulisan resensi buku diposting via sosial media, akan bermunculan komentar-komentar dari siswa yang tertarik untuk membaca buku tersebut. (contoh terlampir)

3.      Upaya perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa terlihat dari meningkatnya jumlah kunjungan. Data pengunjung perpustakaan di tahun 2011 adalah 6.518 pengunjung, dan meningkat tajam dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 mencapai 15.421 pengunjung. (terlampir)

4.      Upaya perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa terlihat dari meningkatnya jumlah peminjaman buku. Data peminjam buku di tahun 2011 adalah 2.180 peminjam, dan meningkat tajam dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 mencapai 8.940. (terlampir)

5.      Upaya perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa kepada pihak luar melalui media sosial menarik penulis maupun penerbit untuk bekerjasama dengan perpustakaan. Beberapa diantaranya adalah:

·         Terpilih sebagai klub buku dalam arisan buku dengan judul Cerita Hati bersama Penerbit Bukune tahun 2013,

·         Di tahun tersebut juga terpilih di event #UNFORGOTTEN yang diadakan oleh Penerbit Gagas Media dan mendapatkan 10 judul buku,

·         Terpilih kembali sebagai klub buku dalam arisan buku dengan judul Tulang Rusuk Susu bersama Penerbit Bukune tahun 2014,

·         Tahun 2015 terpilih sebagai klub buku untuk project buku bertema traveling bersama Penerbit Gagas Media melalui buku Time After Time berupa diskusi buku bersama penulisnya langsung, bekerjasama untuk membuat event time after time di acara pelepasan kelas XII dan bekerjasama dengan esktrakurikuler Multimedia untuk mengadaptasi bukunya ke media visual.

·         Terbaru di tahun 2017 ini terpilih di event #terHARU yang diadakan oleh Penerbit Haru. Mendapatkan sepuluh buku dan merchandise dari penerbit.

6.      Banyaknya kiriman buku dari penerbit maupun penulis. Tahun 2013 mendapatkan 133 buku, tahun 2014 mendapatkan 358 buku, tahun 2015 mendapatkan 285 buku, dan tahun 2016 mendapatkan 150 buku. Semua buku kiriman ini rata-rata merupakan buku-buku fiksi.

7.      Upaya perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa tanpa membutuhkan biaya yang besar tapi memberikan dampak yang besar bagi perpustakaan. Hanya diperlukan semangat pustakawan untuk membaca dan juga menuliskan resensinya di blog atau media sosial yang kemungkinan besar lebih menarik bagi siswa ataupun pembaca pada umumnya.

8.      Kumpulan resensi bisa dibukukan. Sudah ada sembilan buku yang diterbitkan perpustakaan SMA Negeri 2 Metro yang berisi ratusan kumpulan resensi. (terlampir)

Dari sinilah perpustakaan SMA Negeri 2 Metro mulai berkesimpulan bahwa meningkatkan minat baca siswa melalui resensi yang ditulis oleh pustakawan langsung bisa dianggap efektif dan tepat sasaran karena sampai saat ini menulis resensi di blog atau media sosial merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca yang lebih merangkul ke siswa dan juga masyarakat umum.

Hasil yang dicapai ini tidak lepas dari usaha yang telah dilakukan oleh Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro, agar semakin menarik perhatian siswa, tidak hanya sekedar berkunjung, tapi juga meminjam buku yang telah tersedia. Semua koleksi perpustakaan yang telah diolah dan disediakan untuk kebutuhan siswa dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro telah memiliki banyak koleksi fiksi yang tentunya disukai oleh siswa, terutama buku-buku fiksi keluaran terbaru. Perpustakaan bisa mendapatkan buku-buku tersebut tanpa mengeluarkan biaya, karena berasal dari penulis maupun penerbit yang mengirimkan bukunya, biasanya setelah mereka melihat resensi buku mereka yang diposting di blog atau media sosial. Jadi, imbasnya selain meningkatkan minat baca siswa, juga mendapat keperrcayaan dari pihak penulis maupun penerbit untuk mendapatkan bukunya secara gratis.

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis
    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //