Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

Penerapan & Dampak Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial di SMA Negeri 2 Metro

25 Oktober 2016
08:57:14 WIB

Penerapan Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial

1)      Membuat akun media sosial khusus untuk perpustakaan sekolah melalui facebook, twitter, youtube dan website. 

2)      Membuat Klub Baca yang nantinya akan menarik minat penerbit ataupun penulis untuk bekerjasama, bedah buku misalnya. Hal ini bertujuan meningkatkan minat baca. Tiga kali #KlubBacaSmanda dipilih penerbit untuk bekerjasama mengadakan bedah buku. Pertama, terpilih dalam #ArisanBuku dengan judul buku #CeritaHati bersama penerbit Gagas Media dan Bukune. Kedua, terpilih kembali dalam #ArisanBuku #TulangRusukSusu bersama penerbit Gagas Media dan Bukune. Dan yang ketiga, terpilih dalam proyek #TimeAfterTime bersama Gagas Media dengan tiga kegiatan; bedah buku, lomba selfie bertema perpisahan dan film pendek adaptasi dari novel ini. 

3)      Pemberian reward atau penghargaan bagi pemustaka yang dipilih setiap bulan. Nantinya foto mereka akan dipajang di mading dan website perpustakaan sekolah. 

4)      Penulisan resensi buku via blog terutama buku fiksi. Resensi buku tersebut nantinya akan menarik pemustaka/ siswa untuk mengetahui lebih lanjut isi sebuah buku. Selain itu, penulis dan penerbit yang bukunya diresensi, mengapresiasi dengan mengirimkan buku ke perpustakaan. 

5)      Mengadakan berbagai lomba yang erat dengan keseharian pemustaka/ siswa, salah satunya adalah lomba selfie bersama buku atau bertema membaca/ perpustakaan dan lomba membuat poster atau meme bertema membaca/ perpustakaan. 

6)      Mengadakan lomba menulis bertema membaca, perpustakaan, dan sekolah. 

7)      Upload dokumentasi kegiatan perpustakaan meliputi foto maupun pembuatan film pendek bertema perpustakaan. 

8)      Upload link tulisan dari website perpustakaan ke akun media sosial perpustakaan dan yang paling berpotensial adalah twitter dan menaikkan traffic pengunjung yang datang ke website perpustakaan untuk membaca berita atau artikel yang diposting.

 

BACA JUGA:

Kegiatan Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial http://perpus.sman2metro.sch.id/berita-kegiatan-promosi-perpustakaan-melalui-media-sosial.html

 

 

Hasil atau Dampak Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial

 

a.       Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka/ peserta didik melalui media sosial meningkatkan jumlah kunjungan. Data pengunjung perpustakaan di tahun 2011 adalah 6.518 pengunjung, dan meningkat tajam dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 mencapai 15.421 pengunjung. 

b.      Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka/ peserta didik melalui media sosial meningkatkan jumlah peminjaman buku. Data peminjam buku di tahun 2011 adalah 2.180 peminjam, dan meningkat tajam dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 mencapai 8.940. 

c.       Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pihak luar melalui media sosial menarik penulis maupun penerbit untuk bekerjasama dengan perpustakaan. 

d.      Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan melalui media sosial mengoptimalkan promosi tanpa membutuhkan biaya yang besar tapi memberikan dampak yang besar bagi perpustakaan. Yang dibutuhkan perpustakaan untuk melakukan promosi melalui media sosial hanyalah kuota internet, waktu, tenaga dan pikiran. Semua orang bisa melakukannya, tentu dengan kemampuan optimal penggunaan IT terutama dalam hal pengelolaan media sosial.

 

a.  

Share



695 Komentar

    97V417cSlbF5 19 Juni 2017

    I enjoy you because of each of your effort on this website. Betty really likes participating in intgaviestions and it’s easy to see why. We all know all regarding the compelling manner you offer rewarding techniques via the blog and as well welcome response from some other people on this point then my girl has always been learning a lot of things. Take pleasure in the rest of the year. You are performing a great job.

    ZuBtE96VhBvV 19 Juni 2017

    Theo0rrea100Koh well carmen’s real name is masiela lusha max’s real name is luis armand garcia angie’s real name is constance marie benny’s real name is belita moreno vic’s real name is emiliano diaz somethin like that and ernie’s real name is valente rodriguez i know the rest of the names to aimee garcia is veronica! that is the cast of george lopez show!

    ayEsRvhr8uBg 19 Juni 2017

    Es un muy buen articulo lastima que este ave tan hermosa y unica en el mundo se encuentre en peligro de exnÃicit³n en parte en culpa por el ser humano por introducir una espesie en la isla, como el gato. creo que deberiar realezar una ley o existir una aduana en que prohiban introducir cualquer tipo de espesie q pueda dañar la fauna.

    Ym3RCONEtz1 19 Juni 2017

    At last! Something clear I can undndstaer. Thanks!

    VjQeQBAH8z2Q 19 Juni 2017

    I just hope wheoevr writes these keeps writing more!

    RyWGV60t 19 Juni 2017

    That insight solves the prloebm. Thanks!

    xa0xuD1f 19 Juni 2017

    And to think I was going to talk to somoene in person about this.

    InmESgQb 19 Juni 2017

    Si astfel se investesc milioane de euro in astfel de balarii de site-uri, logo-uri si alte cretinatati, de unde, aud? De la coltnibuabiri bineinteles ca nu-si rupe un parlamentar de la gura doar sa ne fie noua bine…

    OClF0eUxCS9 19 Juni 2017

    I feel so much happier now I untsredand all this. Thanks!

    uoN0iwiLon7m 19 Juni 2017

    I found just what I was needed, and it was entiitaenrng!

    Awal 123... 70

Form Komentar

Google Search

Agenda

'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

Artikel Terpopuler

Sebenarnya untuk tahun 2016, tidak punya ekspetasi apa-apa untuk
Harusnya postingan ini ditulis akhir Juni, apalah daya nggak punya

Berita Terpopuler

Ada banyak sekali pekerjaan pustakawan yang rata-rata menguras

Video Terpopuler

Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak
Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis

twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

Banner

//