Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

Penerapan & Dampak Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial di SMA Negeri 2 Metro

25 Oktober 2016
08:57:14 WIB

Penerapan Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial

1)      Membuat akun media sosial khusus untuk perpustakaan sekolah melalui facebook, twitter, youtube dan website. 

2)      Membuat Klub Baca yang nantinya akan menarik minat penerbit ataupun penulis untuk bekerjasama, bedah buku misalnya. Hal ini bertujuan meningkatkan minat baca. Tiga kali #KlubBacaSmanda dipilih penerbit untuk bekerjasama mengadakan bedah buku. Pertama, terpilih dalam #ArisanBuku dengan judul buku #CeritaHati bersama penerbit Gagas Media dan Bukune. Kedua, terpilih kembali dalam #ArisanBuku #TulangRusukSusu bersama penerbit Gagas Media dan Bukune. Dan yang ketiga, terpilih dalam proyek #TimeAfterTime bersama Gagas Media dengan tiga kegiatan; bedah buku, lomba selfie bertema perpisahan dan film pendek adaptasi dari novel ini. 

3)      Pemberian reward atau penghargaan bagi pemustaka yang dipilih setiap bulan. Nantinya foto mereka akan dipajang di mading dan website perpustakaan sekolah. 

4)      Penulisan resensi buku via blog terutama buku fiksi. Resensi buku tersebut nantinya akan menarik pemustaka/ siswa untuk mengetahui lebih lanjut isi sebuah buku. Selain itu, penulis dan penerbit yang bukunya diresensi, mengapresiasi dengan mengirimkan buku ke perpustakaan. 

5)      Mengadakan berbagai lomba yang erat dengan keseharian pemustaka/ siswa, salah satunya adalah lomba selfie bersama buku atau bertema membaca/ perpustakaan dan lomba membuat poster atau meme bertema membaca/ perpustakaan. 

6)      Mengadakan lomba menulis bertema membaca, perpustakaan, dan sekolah. 

7)      Upload dokumentasi kegiatan perpustakaan meliputi foto maupun pembuatan film pendek bertema perpustakaan. 

8)      Upload link tulisan dari website perpustakaan ke akun media sosial perpustakaan dan yang paling berpotensial adalah twitter dan menaikkan traffic pengunjung yang datang ke website perpustakaan untuk membaca berita atau artikel yang diposting.

 

BACA JUGA:

Kegiatan Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial http://perpus.sman2metro.sch.id/berita-kegiatan-promosi-perpustakaan-melalui-media-sosial.html

 

 

Hasil atau Dampak Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial

 

a.       Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka/ peserta didik melalui media sosial meningkatkan jumlah kunjungan. Data pengunjung perpustakaan di tahun 2011 adalah 6.518 pengunjung, dan meningkat tajam dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 mencapai 15.421 pengunjung. 

b.      Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka/ peserta didik melalui media sosial meningkatkan jumlah peminjaman buku. Data peminjam buku di tahun 2011 adalah 2.180 peminjam, dan meningkat tajam dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 mencapai 8.940. 

c.       Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada pihak luar melalui media sosial menarik penulis maupun penerbit untuk bekerjasama dengan perpustakaan. 

d.      Upaya perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan melalui media sosial mengoptimalkan promosi tanpa membutuhkan biaya yang besar tapi memberikan dampak yang besar bagi perpustakaan. Yang dibutuhkan perpustakaan untuk melakukan promosi melalui media sosial hanyalah kuota internet, waktu, tenaga dan pikiran. Semua orang bisa melakukannya, tentu dengan kemampuan optimal penggunaan IT terutama dalam hal pengelolaan media sosial.

 

a.  

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Agenda

    'Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS ...'

    Artikel Terpopuler

    Seperti yang pernah saya jelaskan di tahun sebelumnya, tiga bulan
    Sejujurnya, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, semangat

    Berita Terpopuler

    Ini adalah SLIMS Meet Up yang keempat. Tahun ini diadakan di
    Alhamdulillah dari 70-an Lapak Baca yang

    Video Terpopuler

    Film pendek ini diadaptasi dari novel Time After Time yang ditulis
    Ada puluhan murid yang diceritakan dalam buku ini. Setiap anak

    twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

    Banner

    //