Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro

Semua Koleksi

 

  • 05 November 2015 - 10 November 2015

Seminar Nasional SLIMS COMMUNITY MEET UP 2015

Sekilas tentang SLIMS dan SLIMS Community Meet Up (SLIMS COMMEET)

Senayan Library Management System (SLiMS) merupakan perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3.  Aplikasi web yang berawal dari kerja tim Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Dan pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

Sementara itu, SLIMS COMMEET adalah acara tahunan yang mempertemukan komunitas SLIMS, Senayan Developer Community (SDC), dan pemerhati /pegiat perpustakaan dan open source untuk berbagi pengalaman dan best practices, serta berdiskusi mengenai pengembangan dan rencana kegiatan SLIMS dalam rangka membangun dunia perpustakaan yang lebih maju dan profesional.

Setelah sukses menggelar SLIMS COMMEET berturut-turut sejak tahun 2012 dimulai dari kota Yogyakarta, Bogor, dan Semarang, kini komunitas SLIMS akan kembali menggelar acara serupa di tahun 2015 dengan kota Malang sebagai tuan rumahnya.

Di SLIMS COMMEET 2015 ini, SDC juga akan melakukan launching SLIMS 8 Akasia yang memang telah lama ditunggu terutama oleh para pegiat SLIMS di seluruh Indonesia dan luar negeri. Selain itu, seminar nasional dan lokakarya dengan beragam topik menarik, serta sosialisasi Indonesia One Search juga akan turut meramaikan acara.

Indonesia One Search merupakan portal pencarian daring yang memungkinkan pengunjung untuk memperoleh informasi dari beragam sumber dan saat ini sedang dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Sebagaimana diketahui bahwa SLIMS kini secara teknis telah mendukung (compliant) dengan Indonesia One Search yang berbasis OAI.

Acara sosialisasi akan dipandu langsung oleh penggagasnya, Ismail Fahmi. Pengembang Ganesha Digital Library (GDL) dan juga peraih gelar PhD dari University of Groningen ini akan mengupas apa dan bagaimana Indonesia One Search, serta rencana pengembangannya ke depan.   

Secara umum tujuan SLIMS COMMEET adalah sebagai berikut:

1.    Memberikan pandangan dan pengembangan tentang konsep aplikasi perpustakaan berbasis open source ke depan.
2.    Menyediakan forum komunikasi, konsep pengembangan dan  sosialisasi SLIMS
3.    Memberikan pandangan tentang kompetensi pustakawan dalam era keterbukaan
4.  Menyediakan forum yang memungkinkan pengguna dan pengembang SLIMS untuk berkomunikasi secara langsung sehingga memungkinkan pengguna menyampaikan aspirasi kepada penggembang SLIMS dan sebaliknya.    

WAKTU DAN TEMPAT
Acara ini direncanakan akan berlangsung selama 2 hari pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 7 – 8 November 2015 di Institut Teknologi Nasional (ITN) Jl. Bendungan Sigura-gura No.2 Malang, Jawa Timur.


FORMAT KEGIATAN

1.    Seminar Nasional
Seminar nasional ini akan  bertema “Inovasi dan Kreatifitas Pustakawan Melalui FOSS (Free Open Source Software)” dengan mengambil topik-topik yang sedang hangat di dunia perpustakaan, yaitu:
-     Launching SLIMS Akasia : Perkembangan SLIMS terkini oleh SDC
-     Sosialisasi Indonesia One Search oleh Ismail Fahmi, PhD
-     Membangun Digital Library Berbasis SLIMS oleh SDC    

2.    Lokakarya
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lokakarya dalam SLIMS COMMEET 2015 kali ini dirancang dengan peminatan bidang yang berbeda. Dengan dipandu oleh Senayan Developer Community dan anggota komunitas, peserta dapat memilih di antara empat kelas dengan topik bahasan berikut:
-     SLIMS and latest e-DDC development
-     Newest improvement SMS gateway and SLIMS
-     SLIMS mobile apps development
-     SEO, Adsense, & Google Analytics with SLIMS

3.    Lomba Penulisan Inspiratif
Untuk mengasah kemampuan menulis sekaligus membudayakan komunikasi tulisan di antara para pegiat/pemerhati SLIMS dan perpustakaan, Komunitas SLIMS dan SDC mengadakan lomba penulisan inspiratif di bidang perpustakaan/literasi.

4.    SliMS Community Meeting
Komunitas pengguna SLIMS akan berdiskusi bersama SDC mengenai prospek dan kegiatan SLIMS ke depannya. Selain itu, dilakukan juga sharing session antar komunitas dengan saling memperkenalkan diri dan berbagai pengalaman tentang aktivitas yang telah dilakukan melalui presentasi. Dalam kesempatan ini akan diselengarakan pula teleconference dengan komunitas SLIMS di luar negeri.

5.    Stand Up Comedy
Bekerja sama dengan komunitas Stand Up Comedy Indo Malang, gelaran SLIMS COMMEET 2015 juga akan dimeriahkan dengan penampilan khusus beberapa comic andalan kota Malang.


PESERTA

Acara ini menargetkan sedikitnya 250 peserta dari berbagai latar belakang minat dan profesi, antara lain:
1.    Perwakilan Komunitas SLiMS Daerah
2.    Pustakawan dan pengelola perpustakaan
3.    Akademisi, pengajar (guru/dosen), dan mahasiswa ilmu perpustakaan
4.    LSM, Asosiasi, dan Organisasi di bidang perpustakaan dan pendidikan
5.    Komunitas open source dan Linux

Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi

website : www.slimscommmeet.web.id,
twitter : @slimscommeetup
facebook: facebook.com/SLIMSCOMMEET

Google Search

twtitter Perpustakaan SMA N 2 Metro

//